-->

Resep dan Cara Membuat Martabak Jepang Okonomiyaki dengan 9 Bahan Sederhana

Martabak Okonomiyaki adalah martabak yang berasal dari Jepang. Di Indonesia makanan ini sudah mulai dikenal masyarakat dan mulai banyak disukai karena rasanya yang khas dan lezat. Martabak Jepang Okonomiyaki dibuat dari bahan tepung, kol dan ditambah dengan isian daging sapi, cumi-cumi, kerang, atau udang yang diletakkan di bagian atas sesuai dengan selera. 
martabak Jepang Okonomiyaki
Proses pembuatannya hampir sama seperti membuat martabak pada umummya. Namun untuk rahasia kelezatan martabak okonomiyaki terletak pada saus khusus okonomiyaki yang bisa bunda beli di toko swalayan yang menjual bahan makanan Jepang.

Baca juga: Resep Cara Membuat Martabak Khas Aceh yang Enak Hemat Telur

Nah, daripada bunda penasaran seperti apa resep bumbunya dan bagaimana cara membuat martabak Jepang Okonomiyaki yang enak, yuk simak resep dan cara membuatnya dibawah ini.


BAHAN :
  • 120 gr tepung terigu (tepung khusus okonomiyaki atau tepung tempura jika ada)
  • 175 cc air atau dashi
  • 200 gr kol
  • 1 butir telur ayam
  • daun bawang sesuai selera
  • Bahan isi: daging, udang, atau cumi-cumi
  • saus okonomiyaki
  • mayones
  • katsuobushi

CARA MEMBUAT MARTABAK JEPANG OKONOMIYAKI :
  1. Encerkan tepung dengan air atau dashi yang dibuat dari katsuobushi dan kombu, aduk-aduk sampai rata, tapi jangan diaduk terlalu lama karena adonan bisa menjadi keras.
  2. Tambahkan telur ke dalam adonan.
  3. Campurkan irisan kol (lebar kira-kira 1 cm) ke dalam adonan, aduk sedemikian rupa supaya udara masuk ke dalam campuran adonan agar hasil gorengan tidak keras.
  4. Tuangkan sedikit minyak ke atas penggorengan datar, tuangkan campuran kol dan tepung terigu dan bentuk menjadi bulatan dengan diameter sekitar 25 cm dengan ketebalan 2,5 cm.
  5. Hias dengan topping telur (atau telur mata sapi), daging, makanan laut dan sebagainya sesuai selera
  6. Tunggu sampai dibagian bawah adonan matang betul kemudian balik dengan menggunakan dua buah sodet secara bersamaan seperti ketika penjual martabak membalik martabak. Jika ada, kote (sodet untuk menggoreng okonomiyaki) bisa digunakan untuk membalik okonomiyaki. Bagian paling unik dari memasak okonomiyaki adalah sewaktu membalik okonomiyaki agar tidak patah berantakan.
  7. Tunggu sampai daging matang dan kecilkan api
  8. Olesi atau tuang dengan saus okonomiyaki sesuai selera
  9. Tambahkan mayones Jepang bila suka dan bentuk motif garis-garis agar bagus
  10. Taburkan katsuobushi dan aonori di atasnya bila suka
  11. Potong-potong sewaktu masih berada di atas penggorengan dan hidangkan bersama penggorengannya.
Nah, sekarang bunda sudah tau kan resep dan cara membuatnya bagaimana? Tinggal bunda siapin bahan-bahanya dan langsung coba bikin sendiri Resep Martabak Jepang Okonomiyaki dirumah. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel