-->

Panduan Lengkap Cara Membuat Pacar Cina / Sagu Mutiara Home Made Mudah dan Praktis

Cara Membuat Pacar Cina / Sagu Mutiara. Pacar cina, disebut juga mutiara sagu atau sagu mutiara, adalah sejenis penganan yang terbuat dari tapioka, makanan ini identik dengan aneka dessert, baik makanan atau minuman. Tekstur dari pacar cina dan sagu mutiara ini lembut dan kenyal. Warnanya pun berwarna warni, sehingga bisa mempercantik tampilan makanan anda. Jika ingin lebih praktis, anda bisa membeli pacar cina atau sagu mutiara yang sudah matang sehingga bisa langsung ditambahkan ke dalam makanan.

Tapi jika membeli pacar cina atau sagu mutiara kering, maka anda harus merebusnya terlebih dahulu sebelum bisa digunakan. Tips cara merebus pacar cina atau sagu mutiara kering bisa Anda lihat di bagian bawah artikel. 
Pacar Cina aka Sagu Mutiara

BAHAN : 

  • 3 sdm munjung tepung tapioka
  • 1 sdm munjung tepung terigu
  • Sejumput garam
  • Pewarna makanan hijau secukupnya
  • Air panas secukupnya


CARA MEMBUATNYA : 

  1. Campur bahan-bahan seperti tepung tapioka, tepung terigu dan garam.
  2. Tuangi campuran bahan diatas dengan air panas sedikit demi sedikit sampai adonan kalis/tidak lengket ditangan. 
  3. Kemudian bagi adonan menjadi 2 bagian. Adonan yang 1 bagian beri pewarna hijau secukupnya kemudian diuleni sampe rata. Bentuk adonan sesuai selera, bisa di bentuk kotak/bulat2.
Cara Membuat Adonan Pacar Cina



TIPS CARA MEREBUS/ MEMASAK PACAR CINA

Nah, bagi anda yang belum tahu bagaimana cara merebus/memasak pacar cina dan sagu mutiara, berikut saya berikan tipsnya untuk anda.

1. Rendam dalam air panas (khusus pacar cina)

Pacar cina mentah biasanya memiliki tekstur yang keras. Untuk menyiasati hal tersebut, anda bisa merendam pacar cina dalam air panas sampai teksturnya sedikit lebih lunak sehingga tidak butuh waktu lama untuk dimasak. Sedangkan untuk sagu mutiara, anda bisa langsung merebusnya tanpa direndam terlebih dahulu. Karena jika direndam, biasanya tekstur sagu mutiara akan berubah menjadi lembek.

2. Rebus dalam air mendidih

Langkah selanjutnya, panaskan air dalam panci. Tunggu sampai air benar-benar mendidih, lalu masukkan pacar cina atau sagu mutiara anda. Agar lebih wangi, rebus pacar cina atau sagu mutiara bersama dengan potongan daun pandan. Tunggu sampai butiran pacar cina atau sagu mutiara mengambang di permukaan air. Untuk sagu mutiara, pastikan agar warnanya sudah berubah menjadi bening dan tidak ada lagi titik putih di bagian tengahnya.

3. Hindari mengaduk-aduk terlalu sering

Meskipun memiliki tekstur yang kenyal, tapi pacar cina atau sagu mutiara sangatlah rapuh. Jadi sebaiknya hindari mengaduk pacar cina atau sagu mutiara terlalu sering agar tidak hancur dan lembek. Aduk sesekali saja agar pacar cina atau sagu mutiara tidak saling menggumpal.

4. Rendam dalam air dingin setelah ditiriskan

Setelah pacar cina atau sagu mutiara matang, sebaiknya anda langsung merendamnya dalam air dingin. Hal tersebut bertujuan untuk menghentikan proses memasak yang masih berlangsung dan mencegahnya agar tidak menggumpal. Setelah pacar cina atau sagu mutiara sudah mendingin, segera tiriskan agar tidak lembek. Pacar cina atau sagu mutiara pun siap dicampurkan ke dalam aneka makanan.

Dengan cara di atas, maka pacar cina atau sagu mutiara anda akan memiliki tekstur kenyal, bentuk bagus, dan tidak menggumpal. Sajian yang anda buat pun akan terlihat lebih cantik dan menarik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel